Workshop Puslitpen UIN Jakarta: How To Publish Research in Journal

Prof. Dr. Zulkifli, M.A. Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Jakarta memberikan arahan dalam kegiatan workshop How to Publish Research in A Journal yang diselenggarakan oleh Puslitpen UIN Jakarta (10/9/20)

Tangerang Selatan – Pada tanggal 10 dan 11 September 2020 Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegiatan workshop : How to Publish Research in Journal. Kegiatan ini diperuntukkan bagi para peneliti yang mendapat bantuan penelitian klaster pembinaan/peningkatan kapasitas dan pengembangan program studi tahun 2019, mengingat para peneliti tersebut mempunyai kewajiban menerbitkan hasil penelitian paling lambat tahun 2021 sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor:5459 Tahun 2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para peneliti agar dapat mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk jurnal ilmiah. Untuk bidang ilmu sains dan teknologi dilaksanakan pada tanggal 10 September 2020 melalui aplikasi zoom meeting dengan narasumber/reviewer yang terdiri dari A’ang Subiyakto, Ph.D, Dr. Sandra Hermanto, M.Si, dan Siti Ummi Masruroh, M.Sc. Sedangkan untuk bidang ilmu Humaniora dan Budaya dilaksanakan pada tanggal 11 September 2020 juga melalui aplikasi zoom meeting dengan narasumber/reviewer yang terdiri dari Dr. Imam Subchi, MA., Maila Dinia Husni Rahiem, M.A.,Ph.D., dan Yazid Hady, M.Pd.I.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Puslitpen dari 23 peneliti klaster pembinaan/peningkatan kapasitas yang mendapat bantuan penelitian tahun 2019, sudah ada 9 peneliti (39%)  yang telah terbit hasil penelitiannya (published), lalu ada 3 peneliti yang status publikasinya sudah submited, dan masih ada 11 peneliti yang belum mempublikasikan hasil penelitiannya atau masih dalam bentuk draft artikel. Sedangkan untuk klaster pengembangan program studi dari 14 peneliti yang mendapat bantuan penelitian tahun 2019, sudah ada 2 peneliti (14%) yang telah terbit hasil penelitiannya (published) kemudian terdapat 2 peneliti yang status publikasinya sudah submited dan masih ada 10 peneliti yang belum mempublikasikan hasil penelitiannya atau masih dalam bentuk draft artikel.

Dalam kegiatan workshop yang berlangsung, para peserta mempresentasikan artikel hasil penelitiannya untuk diberikan masukan oleh para narasumber/reviewer dan diberikan arahan ke jurnal apa mereka dapat mempublikasikan hasil penelitiannya. Para peserta terlihat antusias mengikuti acara ini karena mereka merasa terbantu dengan adanya kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan langkah yang dilakukan Puslitpen UIN Jakarta untuk memastikan bahwa anggaran bantuan penelitian yang terserap dapat menghasilkan output/outcome yang nyata. “Alhamdulillah ada progress (publikasi) dan acara webinar perdana (ini) sukses” ungkap Dr. Imam Subchi, MA. selaku Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.