Webinar Seri 3

Date : 16 Jun 2020
Time : 12.30 - 14.30

Pusat Penelitian dan Penerbitan (PUSLITPEN) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, kembali menggelar free Webinar For Research seri ke-III dengan tema “Peluang dan Tantangan Penelitian dimasa Pandemi Covid-19”. Acara ini diselenggarakan pada hari Selasa , 16 Juni 2020. Workshop dihadiri oleh kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari Guru Besar, Dosen, Peneliti, dan mahasiswa tingkat Sarjana dan Pascasarjana uin Jakarta dan kampus lainnya di Indonesia.

Workshop ini dimoderatori oleh Maila Rahim, Pemaparan Materi dimulai dengan penjelasan dari, Prof. Jajat Burhanudin, Guru Besar di bidang sejarah dan keislaman, menurut beliau pada masa pendemi sekarang ini, membuat sejumlah orang beralih ke media Online. Online sendiri memiliki keterbatasan, meskipun tentu saja mempunyai banyak kelebihan. Beliau juga menilai, bahwa semakin banya kajian-kajian dilakukan oleh para sejarawan, antropologi, sosial dan bidang keilmuan lainnya, maka akan semakin bagus. Sehingga kemudian, tema tentang Covid yang notabennya adalah Ilmu Kesahatan ini, akan semakin menggelinding menjadi semacam wacana baru dalam Ilmu Sosial Intelektual yang akan semakin terus berkembang.

Acara ini dibuka langsung oleh Prof. Zulkifli, MA Wakil Rektor bid. Akademik UIN Jakarta. Dalam kesempatan yang sama pula, Prof. Jajang Jahroni, Ph.D. MA selaku kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dalam sambutannya, menyampaikan meskipun dalam situasi dan keadaan pandemi, akan tetapi kegiatan-kegiatan yang semacam workshop dan diskusi-diskusi online semacam yang dilakukan oleh Puslitpen ini tetap dilaksanakan, dan itu merupakan apresiasi yang luar biasa.

Pelaksanaan Workshop online ini, peserta diberikan e-certifikat secara free melalui email. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan baru, informasi baru mengenai penelitian dan topik-topik perkembangan terkini.