Webinar Seri 2

Date : 9 Jun 2020
Time : 12.30 - 14.30

Pusat Penelitian dan Penerbitan (PUSLITPEN) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UIN Jakarta, kembali mengadakan Worshop. Puslitpen melakukan Workshop online dalam 4-Seri, dengan mengusung tema-tema tentang penelitian dan publikasi. Kali ini adalah seri ke-II yang menghadirkan peneliti dan akademisi di bidang Kesehatan dan Psikologi yang mengundang dr.Flori Ratnasari, Ph.D, Wakil Dekan bid. Akademik Fakultas Kedokteran UIN Jakarta dan Galang Lufityanto, PH.D, The Managing Directure of Laboratory of Mind, Brain, and Behavior at Gadjah Mada University (UGM) Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan pada hari selasa, 9 Juni 2020, secara online menggunakan media aplikasi zoom. Workshop dihadiri oleh kurang lebih 350 peserta yang terdiri dari Guru Besar, Dosen, Peneliti, dan mahasiswa tingkat Sarjana dan Pascasarjana uin Jakarta dan kampus lainnya di Indonesia.

Dalam pemaparannya, dr. Flori mengungkapkan bahwa, semua hal pasti ada hikmahnya, termasuk bahkan ketika seseorang itu terkena penyakit, sakit, terkena virus, cacat. Itu sebetulnya kalau dilihat dari mekanisme secara imunologi, secara seluler, itu adalah satu mekanisme untuk melatih badan, mentraining badan kita untuk menjadi lebih kuat kedepan dan dan lebih siap dalam menghadapi inveksi lain yang mungkin lebih berat. dr. Flori juga berpesan, kita harus banyak berfikir postif di dalam masa pandemi, agar Endorfinnya lebih banyak keluar untuk memberikan rasa bahagia dan senang sebagai peneliti.

Kegiatan ini di pandu oleh Moderator Maila Rahim, dan dibuka oleh oleh Prof. Zulkifli, MA Wakil Rektor bid. Akademik UIN Jakarta. Beliau menyampaikan bahwa dalam rangkaian kegiatan webinar ini memang sengaja mengambil topik-topik yang terkait dengan pandemi covid-19, terutama bagaimana kita ditengah-tengah wabah covid-19, dengan perubahan-perubahan yang kita alami, bagaimana kita tetap dapat berkarya, tetap melakukan penelitian, tetap mempublikasikan karya,  yang justru dalam berbagai aspek akan membuat kita semua lebih mudah berkoordinasi dan terkoneksi melalui media-media online seperti yang diselenggarakan oleh Puslitpen.

Workshop ini juga difasilitasi oleh Prof. Jajang Jahroni, Ph.D. MA selaku kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) dan Dr. Imam Subchi, Kepala Puslitpen UIN Jakarta. Imam subchi mengungkapkan bahwa, salah satu tujuan dari diselenggarakannya webinar ini adalah, sharing dengan para peneliti uin Jakarta. Beliau berharap, untuk para peneliti yang melakukan penelitian di tengah pandemi covid-19 ini akan banyak kendala yang dihadapi, diantaranya dalam  mencari data, melakukan penelitian, metode, dan keterbatasan akses dll. Maka menurutnya, perlu mengadakan kegiatan-kegiatan dengan membekali peneliti guna melakukan penelitian di tahun 2020 dengan keterbatasan akses serta susahnya mencari informasi.