Webinar Puslitpen Seri-5

Setelah sukses menggelar webinar sesi 1 sampai 4 dan juga webinar Internasional, Pusat Penelitian dan Penerbitan (PUSLITPEN) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali mengadakan Webinar sesi 5 melalui aplikasi Zoom dan Streaming Youtube pada Hari Selasa, Tanggal 30 Juni 2020, Pukul 12.30 – 14.30.  Webinar ini merupakan lanjutan dari dari Rangkaian Webinar yang diadakan oleh PUSLITPEN dalam rangkuman “Peluang dan Tantangan Penelitian di masa Pandemi Covid-19”.

Episode Webinar kali ini menghadirkan 2 sesi diskusi, yaitu sesi 1 dengan tema “Universal Basic Income di Masa Krisis Covid-19, dengan BLT untuk semua, Usulan Konkret untuk DKI Jakarta” dengan menghadirkan pembicara seorang Ekonomi Senior dan Peneliti Word Resources Intitute (WRI), Sonny Mumbunan, Ph. D (Pusat Riset Perubahan Iklim Universitas Indonesia. Dan sesi ke 2 dengan tema “Penelitian Pendidikan Biologi di masa Covid-19” dengan pemateri Dr. Zulfiani, M. Pd (Dosen dan Peneliti Prodi Pendidikan Biologi FITK UIN Jakarta). Webinar ini dibuka langsung oleh Prof. Jajang Jahroni, Ph.D. MA selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Webinar yang di pandu oleh Maila Rahiem ini berlangsung dengan hikmat dan penuh semangat dari kurang lebih 500 peserta yang mendatar dari seluruh Indonesia, yang terdiri dari Guru Besar, Dosen, Peneliti, dan mahasiswa tingkat Sarjana dan Pascasarjana uin Jakarta dan kampus lainnya di Indonesia.

Sonny mumbunan selaku pemateri pertama memulai penyampaiannya dengan presentasi  perkembangan Ekonomi yang terjadi secara global. Dalam pemaparannya juga Sonny menambahkan bahwa dengan memberi bantuan langsung tunai bagi semua orang atau BLT-semua itu akan sampai ke tangan setiap orang dibandingkan dengan bantuan yang menggunakan logo dan semacamnya, yang kemudian terkadang tidak sampai atau bahkan kalaupun sampai dengan nominal yang kurang. Sementara itu, Dr. Zulfiani, M. Pd selaku pemateri ke dua menjelaskan bahwa tantangan riset di era pandemi ini tidak sederhana, terutama saat Pandemi wabah virus Covid-19 banyak sekali tantangan yang akan dihadapi tidak hanya oleh peneliti, akan tetapi juta oleh tetanag pendidik. terlebih lagi degan adanya pembatasan sosial (PSBB) yang menyebabkan mempersempit ruang gerak semua orang yang kemudian perlu untuk melakukan proses adaptasi.

Diakhir diskusi, ada sesi pemaparan dari pakar bidang kajian keislaman dari Dr. Usep Abdul Matin, MA. Tentang hasil penelitian kajian islam di masa covid-19 di Duke University Durham, North Carolina, USA. Webinar tersebut menampung pertanyaan-pertanyaan dari peserta baik yang bertanya melalui zoom dan juga melalui youtube. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditujukan kepada ketiga panelis.