Rektor UIN Jakarta: “Penelitian dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan”

Tangerang Selatan – Hal ini diungkapkan oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr.Hj.Amany Lubis, MA dalam sambutannya pada acara opening ceremony seminar hasil penelitian tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Jakarta melalui aplikasi zoom meeting (senin,23/11/2020). Pada acara tersebut Rektor menyampaikan bahwa nilai manfaat dari suatu kegiatan penelitian selain dapat dipublikasikan pada jurnal ilmiah, hendaknya juga dapat menghasilkan suatu rekomendasi kebijakan. Jadi diharpakan dengan adanya kegiatan seminar hasil penelitian ini kita dapat mengetahui hasil-hasil penelitian dan membawa suatu rekomendasi kebijakan yang dapat ditawarkan ke beberapa kementerian/lembaga pemerintah maupun institusi swasta.

Kemudian dari kegiatan seminar hasil penelitian yang sudah dilaksanakan selama sembilan hari mulai dari tanggal 23 November 2020 sampai dengan 3 Desember 2020 terungkap beberapa hasil penelitian yang dapat dijadikan rekomendasi kebijakan, antara lain:

1. Penelitian yang dilakukan oleh Wilda Farah mengungkapkan bahwa Baznas Kota Tangerang belum sepenuhnya transparan dalam hal mempublikasikan laporan keuangan secara konsisten. Dengan adanya temuan penelitian ini dapat menghasilkan rekomendasi agar lembaga Baznas dapat meningkatkan akuntabilitas keuangannya karena yang dikelola adalah dana publik dengan peningkatan kompetensi SDM untuk peningkatan kinerja dan kepatuhan terhadap regulasi.

2. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Maria Ulfa dan Ulil Abshar ditemukan bahwa meme-meme internet seperti #KamiTidakTakut, pray for indonesia, bersatu lawan teroris, dll secara tidak langsung merupakan bentuk kontra terorisme yang patut dipertimbangkan sebagai salah satu media yang perlu dikembangkan dalam rangka kontra terorisme sebagai media alternatif yang dapat dibuat oleh individu, masyarakat, lembaga atau pemerintah.

contoh meme-meme kontra terorisme

3. Penelitian yang dilakukan oleh Nunung Isnaini menghasilkan beberapa rekomendasi dalam rangka pemanfaatan lahan UIN Jakarta di Desa Cikuya Tangerang seluas kurang lebih 40Ha ini antara lain: apabila digunakan untuk pertanian maka tanaman palawija adalah pilihan yang cocok atau ditanami tanaman bunga untuk tujuan wisata, apabila ingin didirikan bangunan maksimal 2-3 lantai, apabila digunakan untuk hunian lapisan pembawa air pun cukup baik, untuk keberadaan bahan tambang perlu dilakukan kajian ekonomis lebih lanjut.

Lahan UIN Jakarta seluas kurang lebih 40Ha di Desa Cikuya Tangerang

4. Penelitian yang dilakukan oleh Prof.Dr.Zulkifli,MA dan Sholikatus Sadiyah mengungkapkan bahwa tingkat moderasi beragama dan toleransi beragama pada Mahasiswa PTKIN cenderung sedang oleh sebab itu  diperlukan peningkatan moderasi beragama pada mahasiswa dengan melaksanakan program-program peningkatan religiusitas di kampus diiringi dengan kegiatan internalisasi moderasi beragama.

5. Temuan menarik didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Nita Rosita, penelitian itu mengungkapkan bahwa sekitar 74% tahu yang dijual di pasar tradisional Kota Tangerang Selatan mengandung formalin sedangkan tahu yang dijual di pasar swalayan Kota Tangerang Selatan mengandung formalin sekitar 46% padahal berdasarkan permenkes No.033 Tahun 2012 kandungan formalin dalam makanan harus 0. Hal ini dapat menjadi perhatian bagi instansi terkait bagaimana memastikan tahu yang dijual di pasaran layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

hasil uji kualitatif atas kandungan formalin pada produk tahu yang dijual di pasaran

6. Penelitian yang dilakukan oleh Munasprianto Ramli dan Baiq Hana Susanti menyimpulkan bahwa kemampuan literasi siswa madrasah masih rendah untuk itu rekomendasi yang dapat diberikan antara lain agar guru dapat memberikan soal tipe Higher Order Thingking Skills kepada siswa dan memberikan pengalaman praktikum dengan ditunjang pula oleh ketersediaan laboratorium dan perpustakaan di madrasah.

Beberapa penelitian yang dapat menghasilkan rekomendasi kebijakan seperti contoh di atas diapresiasi oleh Kepala Puslitpen Dr.Imam Subchi,MA. Kapuslitpen meminta kepada para peneliti untuk dapat mengemas penelitiannya dalam bentuk dokumen/buku rekomendasi kebijakan yang dapat dibawa oleh Rektor dan jajaran ke berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta sebagai sumbangsih UIN Jakarta dalam bidang penelitian.

Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Jakarta Dr.Imam Subchi, MA.

JIka  program ini dapat berjalan dengan baik, maka penelitian yang dilaksanakan tidak hanya menghasilkan output berupa laporan penelitian dan publikasinya tetapi juga dapat memberikan dampak dan manfaat yang lebih dapat dirasakan oleh para stakeholder.