Rapat Bantuan Jurnal Tahun 2020

Pada Hari Senin, tanggal 20 September 2020 melalui aplikasi Zoom, Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegiatan rapat bantuan jurnal pada tahun 2020. Rapat ini dihadir Kapuslitpen Imam Subchi, Koordinator Penelitian Maila Dinia Husni Rahiem, Koordinator UIN Press Siti Ummi Masruroh, Pengadministrasi dan Pengelola Anggaran Puslitpen Putra Adi Syani Perwakilan Jurnal Yazid Hady, dan 27 perwakilan dari semua pengelola jurnal.

Dalam sambutannya, Imam Subchi selaku Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M mengemukakan bahwa tujuan program ini adalah untuk meningkatkan publikasi dosen dan tenaga kependidikan, meningkatkan citasi, melakukan pendampingan produktivitas penelitian, meningkatkan akreditasi jurnal-jurnal di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selanjutnya Kapuslitpen mengemukakan saat ini, UIN Jakarta mempunyai 1 jurnal terakreditasi Scopus, 14 Sinta 2, 5 Sinta 3, 5 Sinta 4, dan 5 yang sudah online dan akan melakukan registrasi Sinta. Kapuslitpen mengharapkan dengan adanya kegiatan ini, bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas jurnal.

Beberapa hal yang dihasilkan dari rapat ini adalah; (1) Puslitpen LP2M UIN Jakarta akan memberikan bantuan kepada 13 jurnal yang terindeks Sinta 2 masing-masing sebesar @Rp 25.000.000, (2) Jurnal terindeks Sinta 2 yang mendapat bantuan Jurnal 2020 harus membimbing jurnal Sinta 3 ke bawah agar menjadi jurnal terindeks ke yang lebih tinggi, (3) Jurnal yang diberi bantuan mendampingi peneliti yang mendapatkan hibah penelitian Puslitpen LP2M UIN Jakarta untuk mempublikasikan hasilnya penelitian. Di samping itu, para pengelola bantuan jurnal juga diharuskan mengikuti proses kegiatan sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku.