Kegiatan Kick Off Penelitian dan Penandatanganan SPK Tahun 2020

Pusat Penelitian dan Penerbitan (PUSLITPEN) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan acara Kick Off Penelitian Tahun 2020 tepatnya pada Hari Rabu – Kamis, 12 – 13 Februari 2020 di Ruang Sidang Utama Gedung Rektorat Lantai 2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara ini dihadiri oleh para penerima bantuan penelitian tahun 2020 dari semua kluster penelitian yang berjumlah 167 orang serta para pimpinan, antara lain Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Zulkifli, Ketua LP2M Jajang Jahroni, Ph.D, dan Kepala Puslitpen Dr. Imam Subchi, MA. Para penerima bantuan penelitian ini berasal dari berbagai fakultas di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Penelitian yang diajukan pun berasal dari berbagai klaster. Klaster yang ada pada penelitian 2020 ini diantaranya:

  1. Penelitian Pembinaan / Kapasitas
  2. Penelitian Pengembangan Program Studi
  3. Penelitian Interdisipliner
  4. Penelitian Pengembangan Pendidikan Tinggi
  5. Penelitian Kajian Aktual Strategis Nasional
  6. Penelitian Kolaborasi Antar Perguruan Tinggi
  7. Penelitian Pengembangan Nasional

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan memberi arahan atau pemahaman bagi para peneliti yang akan melangsungkan penelitiannya mulai tanggal 12 Februari – 10 Juli 2020. Agenda utama yang dibahas yakni Kick Off Penelitian dan Pemaparan Isi SPK serta Penandatanganan Dokumen SPK.

Acara yang dalam penyelenggaraannya ini turut melibatkan mahasiswa UIN Jakarta yang sedang KKN in Campus tepatnya di unit kerja PUSLITPEN, telah berlangsung selama 2 hari. Diawali dengan sambutan Kepala Puslitpen, Bapak Dr. Imam Subchi, MA., dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa para peneliti perlu fokus terhadap hak dan kewajibannya sebagaimana tercantum pada dokumen SPK yang telah ditandatangani serta, selama penelitian yang kira – kira berlangsung selama 5 bulan, para peneliti akan diberi pendamping yang akan memantau serta membimbing para peneliti hingga seminar hasil penelitian dan publikasi hasil penelitian.

Acara ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I, Bapak Prof. Dr. Zulkifli yang dalam sambutannya menekankan tiga poin terhadap para peneliti untuk fokus pada substansi penelitian, menaati kesepakatan – kesepakatan yang telah dibuat, dan afiliasi hasil penelitian harus mengatasnamakan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dilanjutkan oleh Ketua LP2M, Bapak Dr. Jajang Jahroni, MA., beliau menyampaikan bahwa dosen muda didorong untuk melakukan penelitian dan menuangkan hasil penelitiannya ke dalam bentuk artikel mapun jurnal nasional/internasional karena penelitian para dosen selama ini publikasinya dinilai masih kurang.

Terdapat beberapa pembahasan yang dipaparkan dalam acara ini serta menekankan beberapa aspek diantaranya hak dan kewajiban para peneliti sebagai penerima bantuan, output dan outcome penelitian 2020, beserta alur pendaftaran ISBN dan pengurusan HAKI. Terobosan baru yang diusung PUSLITPEN di tahun ini yakni terkait laporan hasil akhir penelitian yang berbentuk buku ilmiah ber-ISBN dan HAKI, berbeda dari tahun – tahun sebelumnya yang berupa laporan dengan format cetakan seperti skripsi. Diharapkan dengan ketentuan ini dapat menambah koleksi buku terbitan UIN Jakarta untuk referensi baca para mahasiswa dan memberi poin plus bagi peneliti/dosen untuk kenaikan pangkat.