9 hari, 9 ahli, lebih dari 99 peneliti. Puslitpen UIN Jakarta selenggarakan Seminar Hasil Penelitian Tahun 2020

Tangerang Selatan – Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN Syraif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan kegiatan seminar hasil penelitian tahun 2020. Kegiatan ini berlangsung secara marathon selama sembilan hari berturut-turut mulai dari tanggal 23 November 2020 sampai dengan 3 Desember 2020. Mengingat saat ini Indonesia masih dalam masa pandemi covid19 dan untuk menghindari terjadinya kerumunan, kegiatan seminar hasil penelitian ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

suasana acara pembukaan seminar hasil penelitian tahun 2020 melalui zoom meeting

Kegiatan Seminar Hasil Penelitian merupakan rangkaian kegiatan dari program Bantuan penelitian seperti yang diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3130 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Program Bantuan Penelitian, Publikasi Ilmiah, dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun Anggaran 2020.

Seminar hasil penelitian ini merupakan aktivitas penyampaian hasil kegiatan penelitian, yang dilakukan oleh para penerima bantuan di depan publik dengan melibatkan experties yang memiliki kapabilitas dan kredibilitas dalam menguji dan menilai hasil kegiatan penelitian. Dalam konteks ini, para penerima bantuan mempresentasikan hasil penelitiannya dalam forum seminar yang dilaksanakan oleh pengelola bantuan kegiatan penelitian dalam hal ini Puslitpen UIN Jakarta, kemudian dilakukan pembahasan dan diberi masukan oleh narasumber/ahli agar hasil penelitiannya dapat dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi atau di jurnal nasional terakreditasi dan memberikan impact serta manfaat yang dapat dirasakan para stakeholder.

pemaparan materi dari narasumber/ahli terkait publikasi ilmiah

Dalam kegiatan yang berlangsung selama 9 hari ini terbagi menjadi 9 bidang ilmu yang masing-masing bidang ilmu dipandu oleh 9 narasumber/ahli yang berasal dari luar UIN Jakarta dan 9 Narasumber/ahli yang berasal dari dalam UIN Jakarta serta lebih dari 99 peneliti terlibat dalam kegiatan seminar hasil penelitian seperti yang tergambar dalam tabel di bawah ini:

salah satu presentasi hasil penelitian bidang ilmu kesehatan oleh Jamaludin dari FIKES