ABOUT US

Seiring dengan adanya perubahan status IAIN menjadi UIN (Universitas Islam Negeri) dan semakin luasnya kajian keilmuan di masing-masing fakultas, maka pada tahun 2001 Pusat penelitian berubah menjadi Lembaga Penelitian. Hal ini diwujudkan lewat SK Rektor IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta No 116 tanggal 26 Juli 2001 yang menyebutkan bahwa secara yuridis, Lembaga Penelitian merupkan lembaga  struktural yang secara organisatoris bertanggung jawab terhadap kemajuan arah ide hingga implementasi program penelitian di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, yang secara fungsional Lembaga Penelitian menjadi koordinator serta mengendalikan sumber daya dalam penelitian yang dilakukan oleh pusat-pusat studi yang ikut bergabung dalam lembaga penelitian.

Nomenklatur Lembaga Penelitian ini pun berlangsung tidak lama, karena pada tahun 2013, dengan dikeluarkannya Peraturan Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2013 tentang Organisasi Tata Kerja UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Lembaga Penelitian ini kemudian digabung kembali dengan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Mayarakat (LP2M), yang di bawahnya mengkoordinasikan 5 (lima) pusat, yang salah satunya adalah Pusat Penelitian dan Penerbitan atau selanjutnya dikenal dengan nama Puslitpen. Kelima lembaga yang berada di bawah koordinasi LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut adalah; (1) Pusat Penelitian dan Penerbitan, (2) Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, (3) Pusat Layanan Kerjasama Internasional, (4) Pusat Studi Gender dan Anak, dan (5) Pusat Layanan Humas dan Bantuan Hukum.

Restrukturisasi Pusat Penelitian dan Penebirtan ini memberikan kebebasan dan kewenangan yang lebih spesifik dan proporsional untuk pengembangan kegiatan-kegiatan penelitian. Dengan struktur organisasi yang baru, Pusat Penelitian dan Penerbitan diberikan kebebasan yang lebih spesifik untuk melakukan aktivitas penelitian dan penerbitan serta melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga,  baik lembaga di dalam maupun di luar lingkungan UIN Jakarta, baik dengan lembaga pemerintah maupun dengan lembaga swasta. Lingkup kerjasama tersebut tidak hanya mencakup aktivitas penelitian, tapi juga penyelenggaraan pelatihan, penataran, seminar serta penerbitan jurnal ilmiah. Perubahan nomenklatur Pusat Penelitian dan Penerbitan ini, jika disandarkan pada pimpinannya, maka dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Tabel 1. Pimpinan Pusat Penelitian dan Penerbitan Dalam 10 (Sepuluh) Kepemimpinan Terakhir

No.Nama Pimpinan/KepalaNomenklatur LembagaMasa Kerja
1Dede RosyadaPusat Penelitian1997 s.d. 2001
2Rusmin TumanggorPusat Penelitian2001s.d. 2005
3Syamsir SalamLembaga Penelitian2005 s.d. 2009
4Abbas GozaliLembaga Penelitian2009 s.d. 2012
5Jajat BurhanudinLembaga Penelitian2012 s.d. 2013
6Fuad JabaliLembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat2013 s.d. 2015
7SupartoPusat Penelitian dan Penerbitan2013 s.d. 2014
8Din WahidPusat Penelitian dan Penerbitan2014 s.d. 2015
9Wahdi SayutiPusat Penelitian dan Penerbitan2015 s.d. 2019

Sampai saat ini, Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen), LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah berhasil meningkatkan etos penelitian, terutama di kalangan internal sivitas akademika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan yang signifikan pada jumlah biaya penelitian, jumlah judul dan bidang penelitian yang dikelola oleh Puslitpen, baik penelitian yang bersumber dari DIPA-APBN, maupun yang berasal dari hasil kerjasama dengan berbagai instansi pemerintah, perusahaan, perbankan dan lembaga-lembaga donor (funding agencies) dalam dan luar negeri.