CURRENT PROGRAM

PROGRAM KERJA
PUSAT PENELITIAN DAN PENERBITAN (PUSLITPEN)
LP2M – UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
TAHUN ANGGARAN 2019


Secara umum, program dan kegiatan Puslitpen, LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, baik yang bersumber dari APBN-BOPTN maupun yang bersumber dari PK-BLU difokuskan pada 3 (tiga) domain, yakni penelitian, publikasi ilmiah, dan penerbitan. Pada Tahun Anggaran 2019 ini, Program dan Kegiatan Puslitpen – LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta juga terbagi ke dalam 3 (tiga) program besar, yakni; (1) Program Bantuan/Pembiayaan Penelitian; dan (2) Program Bantuan/Pembiayaan Publikasi Ilmiah, dan (3) Program Bantuan/Pembiayaan Penerbitan. Secara lebih rinci, masing-masing program tersebut direalisasikan ke dalam beberapa kegiatan sebagai berikut:
 

1. PROGRAM BANTUAN/PEMBIAYAAN PENELITIAN
Kegiatan bantuan/pembiayaan penelitian merupakan kegiatan pemberian bantuan biaya penelitian para dosen dan tenaga kependidikan (laboran, pustakawan dan fungsional lainnya) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Program Bantuan/Pembiayaan Penelitian ini, mencakup beberapa kegiatan, yakni: 
(a) Penyusunan dan Penggandaan Pedoman Penelitian;
(b) Penyusunan dan Penggandaan Juknis Pertanggungjawaban Keuangan;
(c) Rapat Dalam Kantor;
(d) Seleksi Substantif/ReviewProposal Penelitian;
(e) Seminar Proposal Penelitian;
(f) Hibah/Bantuan Biaya Penelitian;
(g) Kick off Penelitian;
(h) Bimbingan dan Quality Control Pelaksanaan Penelitian;
(i) Seminar Hasil Penelitian; dan 
(j) Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan Penelitian.
 

2. PROGRAM BANTUAN/PEMBIAYAAN PUBLIKASI ILMIAH
Program Bantuan/Pembiayaan Publikasi Ilmiah merupakan program untuk memberikan apresiasi, stimulasi dan motivasi kepada para dosen/peneliti yang telah berhasil mempublikasikan hasil penelitian di jurnal, baik jurnal nasional, jurnal nasional terakreditasi, jurnal internasional, maupun di jurnal internasional bereputasi. Selain itu, program bantuan pembiayaan publikasi ilmiah ini juga dialokasikan untuk para dosen yang telah selesai memproses hasil penelitiannya untuk mendapatkan sertifikat paten ataupun hak cipta (copyright). Program Bantuan/Pembiayaan Publikasi Ilmiahini dikemas dalam 1 (satu) kegiatan, yakni:
(a) Seleksi Artikel dan Tambahan Biaya Penelitian untuk Publikasi 
 

3. PROGRAM BANTUAN/PEMBIAYAAN PENERBITAN
Program Bantuan/Pembiayaan Penerbitan merupakan program yang dilakukan dalam rangka memberikan bantuan kepada dosen/peneliti UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk buku. Pada tahun anggaran 2019 ini, produk publikasi buku yang dapat dicoverdari pembiayaan APBN-BOPTN adalah; 
(a) Penerbitan dan Penulisan Buku Berbasis Riset dan E-Book;
(b) Penerbitan Buku Ajar/Teks/Daras/Referensi Berbasis Riset; dan
(c) Penyusunan dan Penerbitan Buku Ajar (UIN Press).

Jakarta, Januari 2019

Kepala,
Pusat Penelitian dan Penerbitan (PUSLITPEN)
LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ttd.,

Wahdi Sayuti, MA
NIP. 19760422 200701 1 012