Workshop on Qualitative Research Methodology

         Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, merupakan salah   satu   perguruan   tinggi   Islam   yang   mengemban   tugas mengimplementasikan   tridharma   perguruan   tinggi;   melaksanakan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pelaksanaan penelitian sebagai bagian dari tridharma perguruan tinggi tersebut, harus terus dikembangkan, diupayakan dan dilaksanakan oleh para dosen, karena secara struktural dosen merupakan ujung tombak atau garda depan bagi eksistensi dan indikator mutu perguruan tinggi. Oleh karenanya, penguatan SDM atau dosen di lingkungan UIN Syarif  Hidayatullah  Jakarta,  menjadi  sebuah  keniscayaan  dan  harus  selalu dikembangkan,  bahkan—jika  diperlukan—dilakukan  pembinaan  agar  menjadi SDM yang profesional, kompeten dan kapabel, sehinggan dapat mendukung dan memperkuat  UIN  Syarif  Hidayatullah  Jakarta  sebagai  bagian  dari  world  class University (WCU) pada tahun 2026.

         Salah satu upaya pembinaan SDM/dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah dengan memberikan penguatan metodologi penelitian kualitatif bagi dosen-dosen yang berada di setiap fakultas. Pembinaan metodologi penelitian kualitatif ini diperlukan, karena selain adanya diversifikasi bidang keilmuan di UIN Jakarta yang mengharuskan penggunaan metodologi penelitian kualitatif, juga masih ada kecenderungan adanya ketidakkonsistenan dosen dalam menggunakan metodologi penelitian kualitatif, sehingga seringkali hasil penelitian menjadi bias, hanya karena penggunaan metode penelitian yang ”kurang benar” dan ”kurang konsisten”. Atas dasar fakta tersebut, maka penguatan metodologi penelitian kualitatif, dengan berbagai jenisnya, menjadi sangat urgen dilakukan. Secara teoritik, Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis dengan penyajian hasil penelitian (research finding) secara naratif. Proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif, dan Landasan Teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta dilapangan. Selain itu landasan teori juga bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian. Penelitian kualitatif jauh lebih subyektif daripada penelitian kuantitatif, penggunaan metode, pengumpulan informasi, baik individual dengan wawancara, atau kelompok infroman dengan focused group discussion.

             Sehubungan dengan upaya pembinaan dan peningkatan kemampuan dosen dalam bidang metodologi penelitian kualitatif ini, Pusat Penelitian dan Penerbitan (Puslitpen), LP2M UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melakukan Workshop Penguatan Metodologi Penelitian Kualitatif, yang pada tahun anggaran 2015 difokuskan pada penguatan jenis penelitian Etnografi, dengan melibatkan dosen dan mahasiswa dari semua fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai pesertanya.