Workshop on Quantitative Research Methodology

       Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, merupakan salah satu dari sekian banyak perguruan tinggi Islam yang mengemban tugas yang sama, yakni implementasi tridharma perguruan tinggi; melaksanakan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Pelaksanaan penelitian tersebut, harus terus dikembangkan oleh para dosen, sebagai ujung tombak tenaga edukatif universitas. Dosen merupakan sumberdaya manusia yang harus selalu mengembangkan diri, bahkan jika diperlukan dilakukan pembinaan agar menjadi SDM yang profesional, kompeten dan kapabel, sehingga dapat mendukung dan memperkuat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai bagian dari world class university (WCU) pada tahun 2026.

         Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif Tahun Anggaran 2015 ini difokuskan pada pengenalan umum tentang penelitian kuantitatif dengan tema: “Menguatkan Tradisi Penelitian dalam Upaya Mendukung UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai World Class University

Secara umum, tujuan pelaksanaan Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif ini adalah memberikan penguatan (enrichment) pengetahuan dan keterampilan dosen dalam bidang metodologi penelitian kuantitatif. Secara khusus, pelaksanaan workshop ini bertujuan:

  1. Meningkatkan pengetahuan dosen tentang konsep dasar quantitative research;
  2. Meningkatkan kemampuan dosen dalam menggunakan teknis pengambilan sampel dan field work;
  3. Meningkatkan keterampilan dosen dalam melakukan pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif;
  4. Meningkatkan keterampilan dosen dalam penyusunan instrumen penelitian kuantitatif;
  5. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dosen dalam penggunaan analisis bivariate, univariate dan multivariate.